Apa Itu Chipset? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Chipset adalah otak dari smartphone yang terdiri dari berbagai komponen yang mempunyai fungsinya masing-masing.
Apa Itu Chipset? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini
Apa Itu Chipset? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini/ Aset gambar freepik.com/@xb100

Istilah chipset sendiri mungkin sudah sering kamu dengar saat membeli smartphone. Apa itu chipset dan bagaimana fungsinya dalam perangkat smartphone? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya setelah ini.

Apa Itu Chipset?

Chipset adalah otak dari smartphone yang terdiri dari berbagai komponen yang mempunyai fungsinya masing-masing. Karena banyak memiliki komponen penting, maka chipset pun disebut sebagai otak smartphone.

Jadi, pada dasarnya, semua fitur yang terdapat di smartphone kamu itu didukung oleh chipset. Di samping itu, chipset pun mendukung layar full HD yang mana tak dapat dipasang di smartphone yang beresolusi layar 2K QHD, 4K UHD, dan diatasnya.

Jika kamu pernah mengenal istilah SoC, System on Chip, maka itu sama dengan chipset. Dimana chipset ini merupakan versi mininya dari motherboard PC beserta seluruh isi yang ada di dalamnya.

Alasan utama dibuatnya chipset ini yaitu agar menghemat tempat. Sehingga smartphone kamu pun bisa bekerja layaknya laptop atau PC dengan ukuran lebih kecil.

Fungsi Chipset

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, chipset mempunyai berbagai komponen penting didalamnya. Dalam satu paket chipset ada controller untuk audio, video, dan display layar. Bahkan beberapa chipset keluaran terbaru ada yang sudah dilengkapi oleh fitur pengisian cepat dan komponen AI lainnya.

Pada dasarnya, fungsi chipset pada perangkat smartphone adalah mengatur berbagai tugas komputasi serta menghubungkan berbagai hardware dalam smartphone.

Sehingga, dengan kata lain, chipset juga dapat menghubungkan CPU, GPS, memori, GPU, dan sebagainya. Sementara, komponen-komponen dalam chipset berfungsi untuk mengatur pemrosesan data, kamera, grafis, model, dan semua yang diperlukan smartphone.

Komponen Chipset dan Fungsinya

Agar kamu lebih paham, inilah beberapa komponen yang terdapat dalam chipset beserta fungsi masing-masingnya.

1. Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah otak utamanya chipset yang mana bertugas untuk mengatur semua komponen yang terdapat di smartphone. Adapun jenis CPU yang paling banyak digunakan yaitu berbasis ARM.

ARM merupakan sebuah perusahaan yang merancang arsitektur prosesor, seperti AMD dan Intel. Akan tetapi, bedanya ARM tidaklah menjual CPU sendiri, melainkan diproduksi berbagai vendor. Contohnya adalah Samsung, MediaTek, Qualcomm, Huawei, dan lainnya.

CPU akan berfungsi menerima, mengolah, lalu mengatur semua pekerjaan.

2. Graphics Processing Unit (GPU)

Sama halnya dengan VGA, GPU pada chipset juga berfungsi untuk memproses tampilan visual dari berbagai aplikasi ke layar smartphone. Sehingga, jika semakin tinggi performa GPU nya, maka kualitas grafisnya pun semakin halus.

3. Digital Signal Processor (DSP)

DSP adalah komponen yang akan mengubah sinyal analog menjadi digital. Seperti yang kita tahu, smartphone punya banyak sensor, misalnya sensor jarak, cahaya, suhu, gyroscope, dan lainnya.

Noah, semua informasi yang telah ditangkap oleh sensor akan diolah DSP pada chipset. Data tersebutlah yang akan ditampilkan pada layar.

4. Image Signal Processor (ISP)

ISP bertugas untuk menangkap dan mengolah sinyal gambar yang akan ditangkap oleh kamera. ISP akan menentukan seberapa bagus kualitas sebuah foto atau video yang sudah ditangkap kamera.

5. Location

Chipset juga dibekali oleh komponen location, dimana fungsinya adalah menentukan dan mencari lokasi kamu pada aplikasi peta digital. Metode pemosisian paling umum digunakan yaitu GLONASS dan GPS.

Sudah paham kan apa itu chipset? Mungkin setelah ini, kamu bisa lebih cerdas dalam memilih chipset yang tepat untuk perangkat smartphone mu ya. Kenali juga apa saja jenis chipset yang sudah beredar di pasaran.***

Baca Juga: 5 Daftar Chipset Smartphone yang Sering Digunakan

Post a Comment

© Tahu Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain