Apa Itu Prosesor MediaTek? Simak Kelebihan dan Kekurangannya di sini

MediaTek sendiri merupakan perusahaan manufaktur asal Taiwan yang menghasilkan berbagai produk semikonduktor, salah satunya adalah prosesor hp Android
Apa Itu Prosesor MediaTek? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Disini
Apa Itu Prosesor MediaTek? Simak Kelebihan dan Kekurangannya di sini/ aset gambar freepik.com/@jcomp

Seringkali saat membeli smartphone, teknisi menyebutkan chipset MediaTek. Namun, apa kamu tahu apa itu prosesor MediaTek dan bagaimana kelebihannya sebagai fitur yang disematkan dalam smartphone?

Sebelumnya, MediaTek sendiri sudah menggandrungi banyak prosesor perangkat android. Sehingga, nama prosesor ini mungkin tidak asing lagi. Apalagi, untuk kamu yang seringkali membeli hp dengan melihat prosesornya terlebih dahulu.

Apa Itu Prosesor MediaTek? 

MediaTek sendiri merupakan perusahaan manufaktur asal Taiwan yang menghasilkan berbagai produk semikonduktor, salah satunya adalah prosesor hp Android yang bernama Helio MediaTek.

Sudah banyak sekali seri yang dirilis oleh prosesor MediaTek, antara lain G series, Helio A series, P series, dan X series yang mana ini adalah sederet unggulan mereka.

Prosesor Helio MediaTek memang difokuskan pada satu segmen saja, yakni segmen kelas menengah. Itulah alasannya kenapa smartphone dengan prosesor ini dijual dengan harga lebih murah.

Baca juga: 5 Daftar Chipset Smartphone yang Sering Digunakan

Kelebihan MediaTek

Banyak sekali ditemukan isu miring tentang prosesor MediaTek ini. Meskipun demikian, kepopulerannya hingga saat ini pun tetap tak tertandingi lantaran ada beberapa kelebihan yang dimilikinya, antara lain:

1. Memiliki Performa Grafis yang Cukup Tinggi

Kinerja dan performa GPUnya tak main-main, bahkan disebut-sebut mampu menopang kebutuhan grafis yang beresolusi tinggi. Walaupun demikian, prosesor ini juga dinyatakan lebih hemat dalam penggunaan RAM daripada prosesor lainnya. Jadi, kamu pun bisa bermain game berat tanpa hambatan.

2. Harga Lebih Terjangkau

Hp dengan prosesor Helio MediaTek memang dibanderol dengan harga lebih murah. Walaupun murah, tapi performanya pun tidak jelek.

Bisa dilihat, saat ini sebagian besar hp gaming ternyata dipersenjatai oleh prosesor ini. Contohnya, HP Realme Narzo 20 yang menggandrungi prosesor Helio MediaTek G95 dan hanya dibanderol Rp 2 jutaan saja.

Kekurangan MediaTek

Dibalik kelebihan yang dimilikinya, pastinya MediaTek juga mempunyai kekurangan. Kamu bisa simak penjelasan selengkapnya disini. 

1. Mudah Panas

Mudah panas atau istilah gaulnya overheat, termasuk salah satu hal yang seringkali dikeluhkan oleh pengguna. Hal tersebut disebabkan oleh performa tinggi yang dihasilkan dari prosesor tipe ini.

2. Menggunakan CPU Core Standar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh prosesor ini adalah penggunaan CPU standar. Seperti yang kamu tahu, penggunaan CPU cukup mempengaruhi kualitas hardware. Sehingga, jika yang digunakan berkualitas sandar, tentu performa hardwarenya juga sandar.

Namun, sebenarnya ini tidak terlalu masalah. Karena pada dasarnya, fokus segmennya sendiri adalah prosesor kelas menengah.

3. Tidak Hemat Baterai

Karena prosesor Helio MediaTek termasuk prosesor yang mengkonsumsi daya baterai cukup tinggi. Sehingga tergolong boros baterai. Penyebabnya, tak jauh-jauh dari performa grafis yang ditawarkannya dengan maksimal. Sehingga, yang dikorbankan adalah daya baterainya.

Namun, tak berarti semua tipe MediaTek selalu mengalami masalah serupa, hanya saja ini adalah masalah umum yang sering dialami pengguna. Sehingga, juga harus menajdi salah satu pertimbanganmu juga.

Dengan banyaknya model prosesor yang beredar di pasaran, sebenarnya sama-sama memiliki kualitas yang bagus. Hanya saja, setiap prosesor tersebut mempunyai tujuan penggunaan tersendiri, seperti tujuan multitasking, gaming, dan sebagainya.

Di samping itu, saat membeli prosesor juga tidak boleh melupakan budget kamu ya. Jika ingin harga lebih miring, tentu saja prosesor MediaTek lebih direkomendasikan. Disamping harga yang terjangkau, performa yang ditawarkan pun tak kalah bagus. Sehingga, cocok untuk kelas menengah.***

Post a Comment

© Tahu Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain