Tren Smartphone di Tahun 2023 yang Siap Dobrak Pasar Gadget Indonesia

Simak tren smartphone yang akan menjadi highlight di dunia gadget selama 2023.
Tren Smartphone yang Siap Dobrak Pasar Gadget Indonesia di 2023
Tren Smartphone di Tahun 2023 yang Siap Dobrak Pasar Gadget Indonesia/ Aset gambar freepik.com/@lifestylememory

Memasuki tahun yang baru selalu dibarengi dengan antusiasme para penggemar gadget untuk menyimak teknologi baru yang dibawa industri smartphone. 

Di Indonesia, penjualan smartphone masih terbilang tinggi meski sempat dihantam pandemi dan inflasi. 

Salah satu yang memperkuat penetrasi pasar smartphone adalah industri game. Sehingga tak mengherankan bila tahun 2023 ini juga diprediksi masih akan di-highlight oleh fitur baru untuk mendukung para gamers agar mendapat pengalaman bermain game yang menyenangkan di smartphone.

Poco Indonesia memprediksi beberapa teknologi smartphone yang akan meramaikan pasar Indonesia di tahun ini. Di bawah ini adalah tren yang akan menjadi highlight di dunia gadget selama 2023.

Ponsel berperforma ekstrem untuk Gamers

Industri gaming masih menjadi highlight di 2023 yang akan mendorong lahirnya smartphone berkemampuan ekstra untuk menjalankan beban kerja berat dengan lancar. Apalagi mayoritas gamers di kawasan Asia aktif bermain atau bersaing dalam game e-sport sehingga membutuhkan gadget yang mendukung. Menurut laporan Niko Partners ada 290,2 juta mobile gamers aktif dan 90% dari mereka bersaing memainkan e-sport.

Dengan semakin tingginya performa game yang dimainkan maka smartphone dengan kemampuan ekstrem sangat diminati pengguna. 

“Mobile gaming bukan sebatas permainan atau olahraga saja, tetapi juga menjadi hiburan populer. Pengguna kini ingin bisa memainkan game mobile mengikuti panutan mereka di klub-klub esports. Dan itu butuh smartphone dengan kemampuan performa ekstrem,” ungkap Andi Renreng, Head of Marketing POCO, dalam keterangan resmi.

Pengisian daya semakin cepat di smartphone kelas menengah

Fitur fast charging yang semula mayoritas dinikmati smartphone high end kini akan semakin meluas. Diprediksi, pengisian daya cepat pada baterai akan semakin mudah ditemukan pada smartphone kelas menengah pada tahun 2023 ini.

Fast charging akan semakin menjadi faktor krusial bagi pengguna dalam memilih smartphone. Misalnya, charger 67 Watt yang sebelumnya hanya ada di kelas flagship kini sudah ada di kelas mid-high. 

Pengisian daya yang cepat sudah menjadi kebutuhan dengan meningkatnya performa smartphone dan kebutuhan pengguna. Pada akhirnya kemungkinan hadirnya charger berkekuatan lebih tinggi lagi akan hadir di segmen kelas menengah semakin besar di masa mendatang.

Smartphone 5G akan semakin populer

Menurut DIGITIMES Research, pengiriman smartphone 5G diperkirakan akan tumbuh lebih dari 20% pada tahun 2023. Diperkirakan pengiriman smartphone 5G global mencapai lebih dari 70% pengiriman pada 2023. Sepertinya hal itu didorong oleh semakin terjangkaunya chipset berkemampuan 5G yang kini sudah tersedia ponsel kelas menengah ke bawah.

Dengan semakin terjangkaunya smartphone 5G maka akan semakin meluas penggunaannya, sama seperti saat migrasi ke 4G. Smartphone yang mendukung 5G akan semakin dibutuhkan pengguna seiring meluasnya jaringan 5G pada kota-kota di Indonesia.

Tahun 2023 akan diramaikan dengan banyaknya inovasi fitur flagship yang disematkan ke smartphone kelas menengah dan jadi incaran konsumen. Karena konsumen akan semakin “rewel” mencari smartphone mana yang memiliki fitur dan teknologi flagship namun dengan harga di bawahnya yaitu di kelas mid range.

“Dengan semakin dewasanya industri pendukung, misalnya mobile gaming dan jaringan 5G, dan semakin lekatnya smartphone dengan gaya hidup, tren smartphone di 2023 tidak akan jauh dari kebutuhan performa ekstrem, koneksi ke jaringan 5G, dan penggunaan smartphone yang always-on,” imbuh Andi Renreng.

Itulah prediksi tren yang akan menjadi highlight di dunia gadget selama 2023.***

1 comment

  1. Setuju bgt dengan tren smarphone 2023
© Tahu Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain