7 Cara Menghafal Tabel Periodik Kimia dengan Cepat

tabel periodik kimia adalah bentuk tabel yang didalamnya berisikan unsur-unsur kimia dan tersusun berdasarkan nomor atomnya.
7 Cara Menghafal Tabel Periodik Kimia dengan Cepat
7 Cara Menghafal Tabel Periodik Kimia dengan Cepat/ Aset gambar freepik.com/@freepik


Bagi beberapa orang, mungkin pelajaran kimia adalah pelajaran yang sangat menyenangkan. Namun, tidak bagi yang lainnya, justru ia merasa kesulitan saat menghafal tabel periodik kimia yang merupakan dasar yang mesti dipelajari terlebih dahulu. Untuk itulah, kami akan membagikan cara menghafal tabel periodik kimia dengan cepat.

Cara Menghafal Tabel Periodik Kimia

Perlu diketahui sebelumnya, tabel periodik kimia adalah bentuk tabel yang didalamnya berisikan unsur-unsur kimia dan tersusun berdasarkan nomor atomnya. Nomor atom tersebut berisikan sejumlah proton.

Kini kamu sudah tahu kan makna dari tabel periodik? Nah, selanjutnya kamu dapat menyimak cara menghafal tabel periodik kimia pada penjelasan di bawah ini.

1. Mencetak Tabel Periodik

Pertama, hal yang mesti kamu lakukan adalah mencetak tabel periodik tersebut dan bawalah kemanapun kamu pergi. Jikalau bisa, jangan hanya dicetak satu saja agar nantinya bisa dicoret-coret untuk mempermudah menghafalnya.

Cara tersebut memang harus kamu lakukan secara berulang agar lebih cepat menghafalnya. Apabila kamu merasa lebih cepat menghafal dengan menulisnya kembali, maka cobalah untuk membuat tabel priodik sendiri.

2. Buatlah Pengelompokan Unsur Secara Spesifik

Umumnya dalam tabel periodik kimia tampak telah dikelompokkan berdasarkan warna untuk masing-masing kategorinya.

Apabila menurut kamu cara ini bisa membantu, maka dapat dibuat pengelompokan barunya berdasarkan kolom, baris, berat atom, atau kategori apapun yang menurutmu mudah menghafalnya.

Sehingga, cara ini dapat disediakan dengan kemampuanmu ingin menghafal kategori yang mana terlebih dahulu.

3. Mengaitkan Unsur dengan Hal yang Bersifat Umum

Untuk mudah mengingatnya, kamu bisa menggunakan rangkaian kata lucu yang berisikan singkatan dari masing-masing unsur. Contohnya saja “Hari Libur Nanti Kita Rombongan Cus ke Francis yang mana membentuk unsur HLN RCF.

Kamu juga bisa membuat rangkaian kata lainnya yang paling mudah menurutmu untuk mengingatnya.

4. Menghafalnya dengan Lirik Lagu

Daniel Radcliffe menghafalkan unsur kimia menggunakan lirik lagu. Cara ini memang sangat menyenangkan sebab bisa gunakan lagu yang paling kamu sukai. Sehingga, akan lebih mudah mengingatkan.

Di samping itu, juga sudah ada banyak sekali referensi lirik lagu yang dapat dilihat di internet untuk menghafalkan tabel periodik ini. Ada juga versi karaokenya apabila kamu ingin.

5. Memperhatikan Perbedaan Antar Unsur

Kamu pun bisa juga memperhatikan unsur pembeda supaya lebih mudah dalam menghafalkan nya, yaitu melihat lambang unsur yang terdiri atas 1,2, dan 3 huruf.

Paling banyak, mungkin adalah lambang unsur dua huruf. Nah, kamu bisa menghafalkannya mulai dari unsur pembeda ini. Lalu, untuk sisanya dapat menyesuaikan sebab lambang 3 huruf tidak terlalu banyak.

6. Menggunakan kartu Gambar

Menghafalkannya dengan kartu bergambar mungkin butuh effort yang lebih, tetapi cara ini dikenal sangat efektif untuk menghafalkan semua unsur tersebut. Tak lain, kartu bergambar ini diwujudkan dalam permainan games.

7. Meluangkan Waktu untuk Mengingat Kembali

Setelah dilakukan upaya di atas, sekarang waktunya membiasakan diri yakni dengan mengulang-ulangnya kembali. Tentu saja, percuma jika kamu menghafal terus, tetapi tidak diingat kembali dan dicek kebenarannya pada tabel periodik tersebut.

Oleh karena itulah, luangkan waktu kamu sebentar untuk melirik kembali lembaran tabel periodik tersebut.

Nah, kira-kira manakah cara menghafal tabel periodik kimia yang paling gampang menurut kamu? Setelah menghafal jangan lupa ulangi kembali ya agar tidak salah dan kamu pun sudah terbiasa. Yuk, coba sekarang juga!***

1 comment

  1. Terima kasih udah share cara menghafal tabel periodik kimia
© Tahu Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain