5 Cara Membaca Tabel Periodik Kimia, Gampang dan Cepat

Membaca tabel periodik kimia memang kelihatannya sangat mudah. Namun nyatanya tidak semua orang bisa membaca tabel periodik kimia dengan benar.
5 Cara Membaca Tabel Periodik Kimia, Gampang dan Cepat
5 Cara Membaca Tabel Periodik Kimia, Gampang dan Cepat/ Aset gambar freepik.com/@freepik

Tabel periodik kimia adalah tabel yang berisikan unsur kimia dan tersusun berdasarkan nomor atomnya. Nomor atom yang tersusun ini berisikan konfigurasi elektron dan kesamaan sifat yang ada pada unsur kimia tersebut. Lantas, apakah kamu sudah tahu cara membaca tabel periodik kimia?

Memang, kelihatannya sangat mudah. Namun, nyatanya, tidak semua orang bisa membaca tabel periodik kimia dengan benar. Apalagi, ada banyak simbol yang mungkin belum kamu pahami. Sehingga, merasa kesulitan untuk membacanya.
Cara Membaca Tabel Periodik Kimia

Ada cara khusus untuk membaca tabel periodik ini. Jadi, pastikan kamu paham cara membaca tabel periodik kimia dibawah ini agar tidak salah lagi.

1. Membaca Tabel Periodik Kimia mulai Dari Kiri Atas ke Kanan Bawah

Kareena tabel periodik kimia disusun berdasarkan nomor atomnya. Sehingga, semakin ke kanan dan ke bawah, maka nomor atomnya pun semakin besar.

Nomor atom sendiri adalah banyak proton yang unsur memiliki dan semakin ke kanan nomor massa setiap atom semakin besar.

Itulah sebabnya, kamu bisa memahami berat unsur tersebut, sekalipun hanya dengan melihat letak tabel periodik kimia tersebut.

2. Memahami Unsur Kimia

Kamu wajib tahu bahwa masing-masing unsur mengandung 1 proton lebih banyak dari atom di sebelah kirinya pada tabel periodik. Nah, cara mengetahuinya dapat melihat dari nomor atom yang mana tersusun dari kiri ke kanan.

Selanjutnya, unsur tersebut dipisahkan menjadi 3 golongan yang tampak di tabel periodik. Contohnya, baris pertama menunjukkan hidrogen dengan nomor atom 1 dan helium dengan nomor atom 2.

3. Mengenali Golongan Atom yang Mempunyai Sifat Fisik Sama

Golongan periodik ditunjukkan oleh kolom yang vertikal. Nah, pada beberapa kasus, golongan tersebut dicirikhaskan dengan warnanya yang sama.

Warna tersebut mempermudah kamu untuk mengidentifikasi unsur manakah yang sifat fisik dan kimianya hampir mirip.

Dengan demikian, kamu pun jadi lebih mudah memprediksi reaksi unsur kimia setiap golongan tertentu.

4. Memperhatikan Ruang Kosong pada Tabel

Kamu harus memperhatikan dengan detail tentang penyusunan unsur ke dalam masing-masing kelompok dan golongan. Dikarenakan bisa mempertimbangkan sifat fisik dan kimia yang sama antar unsur tersebut.

Nah, cara ini mungkin akan memudahkanmu untuk mengetahui cara setiap unsur bereaksi. Apabila unsur kimia bertambah, penggolongannya pun semakin sulit. Itulah sebabnya terdapat ruang kosong pada periodik ini.

Contohnya, 3 baris pertama mempunyai ruang kosong sebab berfungsi untuk logam transisi yang akan dimunculkan pada tabel periodik, yaitu nomor atom 21.

5. Memperhatikan Bahwa Setiap Baris Disebut sebagai Periode

Setiap unsur dalam satu periode sudah pasti mempunyai jumlah orbital yang sama. Dimana selanjutnya akan dilintasi oleh elektron. Kemudian, jumlah orbitalnya sesuai dengan jumlah periode yang terdapat di tabel periodik yang mana menunjukkan 7 baris yang artinya 7 periode.

Contohnya, unsur periode 1 mempunyai 1 orbital. Sementara itu, unsur periode 7 pun mempunyai 7 orbital juga.

Saat kamu mengenali dengan benar jenis unsurnya, maka memahami sifat unsur pun jadi lebih buda. Dimana hal tersebut dapat dilihat dengan mengenali warna setiap unsur yang menunjukkan sifat unsur tersebut, yaitu logam, semi logam, dan non logam.

Cara membaca tabel periodik unsur ini dapat kamu terapkan di rumah. Jika sudah bisa membacanya, lanjut menghafalnya. Sehingga, saat mengerjakan berbagai bentuk soal kimia kamu akan lebih mahir.

Post a Comment

© Tahu Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain