4 Tips Belajar Bahasa Indonesia supaya Nilai Gak Anjlok

Tips Belajar Bahasa Indonesia: 1. Berlatih Menuangkan Gagasan ke Dalam Tulisan; 2. Jangan Lupa Perbanyak Membaca;
4 Tips Belajar Bahasa Indonesia supaya Nilai Gak Anjlok
4 Tips Belajar Bahasa Indonesia supaya Nilai Gak Anjlok/ aset gambar freepik.com/@freepik

Siapa nih diantara kamu yang masih saja merasa kesulitan saat mengerjakan ujian Bahasa Indonesia? Sebenarnya mengerjakannya tidak terlalu sulit. Terlebih, Bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa sehari-harimu. Asalkan kamu tahu tips belajar Bahasa Indonesia dengan cepat, pastinya bisa mendapatkan nilai sempurna saat ujian.

Memang, ada berbagai penyebab yang membuatmu sulit mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia. Misalnya seperti, kurangnya latihan untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan, tidak terbiasa membaca, atau sulitnya menganalisis makna karya sastra.

Tips Belajar Bahasa Indonesia

Nah, apapun penyebabnya, kini kamu bisa diakali dengan beberapa tips belajar Bahasa Indonesia yang akan kami jelaskan pada poin-poin berikut ini.

1. Berlatih Menuangkan Gagasan ke Dalam Tulisan

Adanya hambatan bagi kamu dalam mengungkapkan gagasan atau ide ke dalam tulisan, kerap jadi kendala umum bagi beberapa anak. Contohnya, saat ia diberikan tugas untuk membuat teks narasi singkat.

Jika kalimat pertama sudah dirasa sangat sulit, tentu untuk pengembangan ide juga tidak bisa dituliskan. Secara lisan, memang tampaknya lebih mudah.

Namun, ada beberapa orang yang justru saat direalisasikan ke dalam tulisan perlu waktu lebih lama untuk merangkai kata yang pas.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa memulainya dengan berpartisipasi aktif mengobservasi lingkungan sekitar. Minimal kamu harus bisa menjelaskan isu-isu apa saja yang sedang beredar di sekitarmu.

2. Jangan Lupa Perbanyak Membaca

Saat ujian, pastinya akan banyak sekali ditemukan soal dengan teks narasi panjang sebagai acuan untuk menjawab 3–4 soal.

Trik agar kamu bisa sukses menjawab soal ini dengan benar yakni dengan melatih kemampuan membaca. Kadang beberapa orang bisa membaca dengan cepat, tetapi kurang teliti dan bahkan tak memahaminya.

Sebagai akibatnya, saat menjawab soal pun tidak benar. Sehingga, untuk tips belajar selanjutnya yaitu kamu harus membiasakan diri untuk tidak hanya membaca saja, tetapi juga memahaminya.

Dengan demikian, kamu pun tidak perlu berulang kali untuk membacanya, Bacalah mulai dari bacaan ringan dan menyenangkan, seperti komik dan cerita pendek.

3. Berlatih Menganalisis Makna Karya Sastra

Umumnya, pada kebanyakan soal ujian Bahasa Indonesia, akan ditemukan salah satunya karya sastra seperti puisi, novel, dan cerpen. Dalam soal, biasanya siswa akan diminta untuk menafsirkan makna karya sastra tersebut.

Nah, kadang ketidaktahuan ini dilandasi oleh kemampuan analisis yang rendah dan kurangnya membaca banyak karya sastra. Jadi, saat ada pertanyaan tentang peribahasa, kiasan, dan majas, kamu pun merasa kesulitan untuk menjawabnya.

Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa membaca lebih banyak karya sastra. Lalu, setiap peribahasa, kiasan, dan majas yang ditemukan dibuat maknanya. Dengan demikian, kamu pun pasti akan jauh lebih familiar dengan kata-kata tersebut.

4. Memahami Ejaan Bahasa Indonesia yang Benar

Pelajaran Bahasa Indonesia memang telah ditanamkan sejak dini, tetapi kadang masih suka ditemukan kemampuan bahasa siswa yang tidak benar.

Sukses dalam mengerjakan soal, kuncinya adalah paham bagaimana cara berbahasa indonesia yang baik benar. Apalagi, dalam soal kerap kali ditemukan penggunaan kata baku dan tidak baku.

Semoga tips belajar Bahasa Indonesia di atas bisa membantu kamu untuk memahami materi Bahasa Indonesia ya. Jangan lupa, selalu latih keterampilan bahasa dan membacamu. Jika perlu, juga bisa dengan mempraktikkannya dengan teman-teman kamu di sekolah agar lebih fasih.***

1 comment

  1. Terima kasih untuk tips belajar bahasa indonesianya
© Tahu Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain