Ini Pentingnya Penerapan Kurikulum Merdeka di PAUD SD SMP SMA Sejak Dini

Dengan adanya kurikulum merdeka maka para siswa dapat lebih rileks ketika belajar karena mereka tidak harus mempelajari sesuatu yang tidak mereka suka
Ini Pentingnya Penerapan Kurikulum Merdeka di PAUD SD SMP SMA Sejak Dini
Ini Pentingnya Penerapan Kurikulum Merdeka di PAUD SD SMP SMA Sejak Dini/Aset gambar freepik.com/@freepik

Tahu Informasi - Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang difokuskan untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa sejak dini, selain itu kurikulum ini juga difokuskan untuk membentuk dan mengembangkan karakter pada peserta didik serta memaksimalkan segala potensi yang ada dalam diri siswa.

Dengan adanya kurikulum merdeka maka para siswa dapat lebih rileks ketika belajar karena mereka tidak harus mempelajari sesuatu yang tidak mereka sukai, sebab dengan berlakunya kurikulum tersebut para peserta didik akan terfokus untuk mendalami suatu pelajaran yang menjadi minat mereka.

Kurikulum merdeka ini tentunya akan sangat bagus untuk mulai diterapkan sedini mungkin, dan nantinya kurikulum ini akan diterapkan pada seluruh satuan pendidikan mulai dari PAUD, Sekolah Dasar, dan sekolah menengah seperti SMP dan SMA sederajat dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan karakter siswa.

Konsep dari penerapan kurikulum ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi siswa supaya mereka dapat mendalami sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, ketika kurikulum ini diterapkan maka para siswa tidak harus mempelajari semua pelajaran yang telah ditentukan seperti yang terjadi pada kurikulum sebelumnya.

Tetapi para siswa akan difokuskan untuk mempelajari segala hal yang mereka sukai dan sesuai dengat minat masing-masing, konsep tersebut memiliki nama yaitu konsep merdeka belajar. Pada konsep merdeka belajar, strategi yang diterapkan akan lebih condong mengarah ke pembelajaran yang berbasis proyek.

Proyek tersebut ditujukan supaya para siswa dapat menyelesaikan studi kasus sesuai dengan yang sudah mereka pelajari, dengan begitu penerapan dari proyek tersebut akan lebih bermanfaat untuk para siswa kedepannya karena para siswa akan lebih mudah memecahkan masalah dengan menemukan berbagai solusi.

Dengan diterapkan nya kurikulum merdeka ini juga akan memudahkan para guru mengajar, karena para guru tersebut dapat memilih berbagai perangkat yang digunakan untuk mengajar dengan cara menyesuaikan pada kebutuhan bakat dan minat masing-masing dari para siswa.

Karakteristik dari Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah karakteristik yang sesuai dengan penerapan kurikulum merdeka belajar.
  • Adanya pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mengasah bakat dan minat dari masing-masing peserta didik.
  • Berfokus kepada materi esensial, sehingga memiliki waktu untuk untuk mendalami pelajaran kompetensi dasar seperti literasi dan numerik.
  • Guru akan lebih fleksibel untuk memulai pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik.
Dengan beberapa karakteristik seperti di atas, maka penerapan kurikulum merdeka ini akan memberikan keuntungan pada siswa dan guru berupa materi pembelajaran yang lebih sederhana dan lebih difokuskan pada materi esensial sehingga para siswa dapat menikmati pembelajaran yang diberikan.

Para guru juga akan lebih leluasa untuk memberikan pelajaran yang terdiferensiasi sesuai kemampuan masing-masing peserta didik, dan para siswa akan lebih sering mendapatkan kegiatan proyek dengan tujuan memberi kesempatan pada siswa agar dapat secara aktif mengeksplorasi berbagai isu aktual.

Itu dia pembahasan singkat mengenai pentingnya penerapan kurikulum merdeka sedini mungkin. Semoga ulasan ini bermanfaat!***

Post a Comment

© Tahu Informasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain